Kamis, 19 Februari 2015

PENGERTIAN AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN


1.      Definisi Akuntansi yang dikeluarkan oleh American Institute of Public Accountants (AICPA) sebagai berikut :
Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya adalah menyediakan data kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan, dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputasan ekonomi memilih arternatif-arternatif dari keadaan.
2.      Pengertian Dan Definisi Laporan Keuangan
Pengertian laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan,  merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan.
Definisi laporan keuangan merupakan laporan yang secara ringkas berisi tentang catatan-catatan saldo-saldo transaksi-transaksi keuangan dalam satu tahun buku atau selama jangka waktu tahun satu  tahun. 
3.      Komponen Laporan Keuangan
                      PSAK No. 1 (Revisi 1998) tentang penyajian laporan keuangan menyatakan bahwa laporan    keuangan lengkap terdiri dari komponen-komponen berikut :
a.       Neraca, yaitu laporan yang menunjukkan keadaan keuangan suatu perusahaan pada tanggal tertentu.
b.      Laporan laba rugi, yaitu laporan yang menunjukkan hasil usaha dan biaya-biaya selama suatu periode akuntansi.
c.       Laporan perubahan ekuitas, yaitu laporan yang menunjukkan sebab-sebab perubahan ekuitas pada akhir tertentu.
d.      Laporan arus kas (cash flow statement), menunjukkan arus kas masuk yang dibedakan menjadi arus operasi, arus kas investasi dan arus pendanaan.
e.       Catatan arus laporan keuangan.
4.      Tujuan Laporan Keuangan
Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan keuangan (IAI, 1994) adalah: Tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan  posisi keuangan suatu perusahaan  yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.
5.      Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Menurut IAI
Karakteristik kualitatif merupakan ciri khas yang membuat informasi dalam laporan keuangan berguna bagi pemakai. Terdapat empat karakteristik kualitatif pokok yaitu :
a.       Dapat dipahami
b.      Relevan
c.       Jujur
d.      Dapat dibandingkan
6.      Langkah- Langka Penyusunan Laporan Keuangan
a.       Menyusun neraca saldo
b.      Mengumpulkan data yang diperlukan untuk jurnal penyesuaian.
c.       Menyusun neraca lajur (daftar kerja).
d.      Menyusun laporan keuangan.
e.       Menyesuaiakan dan menutup rekening-rekening.
f.       Menyusun neraca sesudah penutupan.
g.      Menyusunan kembali rekening-rekening.
7.      Elemen-elemen Laporan Keuangan yang dibuat  penyesuaian-penyesuaian setiap akhir periode adalah sebagai berikut :
˗       Penyesuaian barang dagangan.
˗       Biaya dibayar dimuka.
˗       Pendapatan diterima dimuka
˗       Utang biaya (biaya yang masih harus dibayar )
˗       Piutang pendapatan (Pendapatan yang masih akan diterima )
˗       Depresiasi/depresi aktiva tetap berwujud dan amortisasi aktiva tidak berwujud.
˗       Kerugian piutang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar